-->

Pengertian Prakerin, Tujuan Dan Manfaat Prakerin Bagi Siswa Smk Dan Mahasiswa


Pengertian, Manfaat dan tujuan dari Praktek Kerja Indrustri atau PRAKERIN
Bagi Siswa – siswi smk atau mahasiswa yang anda harus perhatikan


Pengertian PKL ATAU PRAKERIN :


Menurut Wikipedia PKL merupakan salah-satu kegiatan murid dan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, yang tercermin dalam pendidikan nasional berbasis Pancasila yang bertujuan meningkatkan kecerdasan, kreativitas, dan ketrampilan agar dapat menumbuhkan manusia yang dapat membangun dirinya sendiri serta bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara dalam peningkatan ekonomi dan kehidupan yang makmur.


Praktek Kerja Industri atau PRAKERIN merupakan suatu kegiatan kerja yang dilakukandi dunia Usaha atau dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta ketatan dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini. Dari pengalaman Praktek Kerja Lapangan ini diharapkan peserta didik mendapatkan ketrampilan hidup yang akan berguna bagi perkembangan dirinya dimasa yang akan datang.

Adapun Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Magang bagi siswa dan mahasiswa adalah sebagai berikut :


1.Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas

2.Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan,keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja

3.Dapat menambah dan mengembangkan potensi ilmu pengetahuan pada masing-masing siswa/siswi.

4.Melatih keterampilan yang dimiliki siswa/siswi sehingga dapat bekerja dengan baik.

5.Melahirkan sikap bertanggung jawab, disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

6.Menambah kreatifitas siswa/siswi agar dapat mengembangkan bakat yang terdapat dalam dirinya.

7.Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa sesuai bidang masing masing

8.Menaambah jenis Keterampilan Yang dimiliki Oleh siswa agar daapat dikembangkan dan di implementasikan di kehidupan sehari hari

9.Menjalin kerja sama yang baik antara Sekolah dan dunia Industri maupun dunia usaha

10.Tujuan prakerin bagi siswa yang kedua adalah dapat membentuk pola pikir yang konstruktif pola pikir bagi siswa-siswi prakerin. Sehingga dapat melihat peluang yang baik di masa depan yang akan datang nantinya.

Manfaat Prakerin Bagi Siswa Smk Dan Mahasiswa yang harus anda perhatikan


1.Membentuk pola pikir siswa -siswi agar terkonstruktif  baik serta memberikan pengalaman dalam dunia Industri maupun dunia kerja.

2.Meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga dalam mendidik dan melatih tenaga kerja yang berkualitas.

3.Menjalin kerja sama yang baik antara sekolah dan perusahaan terkait, baik dalam dunia usaha maupun dunia Industri.

4.Sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan bahwa pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.

5.Mengenalkan siswa – siswi pada pekerjaan lapangan di dunia industri dan usaha sehingga pada saatnya mereka terjun ke lapangan pekerjaan yang sesungguhnya dapat beradaptasi dengan cepat.

6.Menghasilkan tenaga kerja yang mempunyai keahlian professional,diantaranya mempunyai pengetahuan, keterampilan dan semangat kerja sesuai dengan tuntutan kerja.

7.Percaya diri, yang selanjutnya akan mendorong untuk meningkatkan keahlian professional

8.Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan semangat kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.

Semoga artikel yang saya sampaikan kepada kalian yang membaca artikel saya semoga bermanfaat.Saya rangkum artikel ini dari berbagai sumber terpercaya dan dari pengalaman saya pada saat saya melakukan PRAKERIN ( PRAKTEK KERJA INDRUSTRI )

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>