-->

8 Cara Menyontek Saat Ujian Dengan Benar

Menyontek adalah kegiatan, tindakan atau perbuatan yang dilakukan secara sengaja dengan menggunakan cara-cara yang tidak jujur atau curang untuk memalsukan hasil belajar dengan menggunakan bantuan atau memanfaatkan informasi dari luar secara tidak sah pada saat dilaksanakan tes atau evaluasi akademik untuk mencapai tujuan tertentu, Di mana masih ada ujian maka disitu pula aksi mencontek bisa ditemukan. Berbagai trik untuk menyelundupkan contekan dalam ruang ujian makin hari makin bervariasi jika tidak boleh dibilang makin kreatif. Tak sedikit pula pengawas yang dapat dikelabuhi dengan trik-trik jitu para murid bandel ini. Maka dari itu saya akan membahas tentang 8 bagaimana cara menyontek saat ujian dengan benar.
Menyontek adalah kegiatan, tindakan atau perbuatan yang dilakukan secara sengaja dengan menggunakan cara-cara yang tidak jujur atau curang untuk memalsukan hasil belajar dengan menggunakan bantuan atau memanfaatkan informasi dari luar secara tidak sah pada saat dilaksanakan tes atau evaluasi akademik untuk mencapai tujuan tertentu.





Mencontek saat ujian memang merupakan tindakan curang yang tidak bisa dibenarkan. Bila ketahuan, kalian yang mencontek akan diberikan hukuman atau sanksi yang berat tergantung dari pengawas yang menentukan. 





Di mana masih ada ujian maka disitu pula aksi mencontek bisa ditemukan. Berbagai trik untuk menyelundupkan contekan dalam ruang ujian makin hari makin bervariasi jika tidak boleh dibilang makin kreatif. Tak sedikit pula pengawas yang dapat dikelabuhi dengan trik-trik jitu para murid bandel ini. Maka dari itu saya akan membahas tentang 8 bagaimana cara menyontek saat ujian dengan benar.


1. Menempel Contekan di Paha

Model mencontek ini sudah sering diberitakan yaitu menempel contekan di paha. Biasanya yang bisa melakukan trik ini hanya peserta ujian wanita sebab pakaiannya mendukung yaitu memakai rok yang mudah disingkapkan. 





Jadi bapak ibu pengawas yang melihat peserta ujian berulang kali melihat ke bawah ke arah paha perlu tuh buat didekati. Maksudnya ya siapa tahu ia sedang mengaplikasikan model mencontek yang seperti di gambar ini. Makin kreatif saja para peserta ujian untuk mencontek dari zaman ke zaman.

2. Menuliskan contekan di Lengan

Seragam lengan panjang juga bisa digunakan sebagai alat untuk menutupi contekan. Biasanya meraka akan menuliskan contekan di sepanjang lengan tangan. Mereka merasa aman karena baju seragam mereka berlengan panjang yang menutupi seluruh bagian tangan.





Para pencontek jenis ini rela mengotori kulitnya dengan tinta asalkan bisa mencontek. Mungkin mereka juga termasuk orang yang tidak cinta kebersihan atau malah pecinta tatoo. Yang jelas ada orang-orang yang menggunakan cara ini untuk mencontek saat ujian.

3. Melirik Contekan Jawaban Teman

Jika takut menggunakan kalkulator atau takut membuat contekan atau takut cara-cara lainnya yang telah disebutkan di atas, ada satu cara yang bisa kalian gunakan di saat ujian. Cara tersebut adalah melirik jawaban dari teman sebelah. Ini adalah cara mencontek paling konvensional yang sampai sekarang banyak orang pakai.






Tapi, tiap trik menyontek pastinya ada resiko. Lagipula, sebelum melirik jawaban teman, ada baiknya kalian kenali terlebih dahulu siapa teman di samping kalian. Pastikan teman kalian adalah teman yang pintar.

4. Modifikasi Kalkulator dengan Smartphone



Cara ini emang sangat ekstrim sekali karena membutuhkan sebuah ketelitian dalam Bongkar rakit kalkulator dengan smartphone, dengan tujuan mendapatkan sebuah informasi agar tidak diketahui oleh pengawas ujian.

5. Menggunakan Headset Mendengarkan Rekaman Suara





Earphone juga bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu di saat ujian. Yah, bukan earphonenya doang yang pasti, kalian juga butuh setidaknya handphone atau mp3 player untuk mencolok earphone tersebut. Mp3 player tersebut atau handphone kalian gunakan untuk merekam suara kalian atau guru ketika sedang mengajar.


Trik ini bisa dilakukan bila kalian memiliki rambut yang panjang ditambah dengan menggunakan jaket lengan panjang. Colok earphone ke mp3 player atau handphone lalu masukkan mp3 player atau handphone dimasukkan ke dalam saku. Selipkan kabel earphone ke dalam lengan baju atau punggung lalu masukkan ke telinga.


6. Menggunakan Smartphone Sebagai Alat Contekan

Dengan smartphone memudahkan siapa saja untuk mencari informasi apapun termask materi-materi sekolahan dan kuliahan. Lewat perangkat pintar inilah orang-orang yang biasa bisa berubah menjadi luar biasa.






Berdasarkan pengalaman penulis yang juga pernah muda dan menjalani masa-masa jahil, biasanya sebelum ujian smart phone yang tipis dan kecil akan diperebutkan. Ukuran tipis dan kecil sangat penting agar bisa diselipkan pada kaos kaki tanpa diketahui. Jika berhasil, ujian yang susah bisa diubah menjadi mudah. 

7. Menggunakan teknologi Smartwatch

Anak-anak sekarang patut berterima kasih pada teknologi jaman sekarang. Sekarang ini, teknologi sudah sangat canggih, berbeda dengan jaman dulu.sekarang anak-anak mainnya sudah tablet. Kemajuan teknologi ini juga yang membuat cara mencontek semakin canggih.





Kalian tau yang namanya smartwatch kan? Dengan smartwatch, kita bisa terkoneksi dengan smartphone dan memeriksa notifikasi apa saja yang masuk. Mulai dari membaca email, sms, dan bahkan notifikasi telepon. Smartwatch ini pula yang bisa dimanfaatkan untuk mencontek ketika sedang kepepet saat ujian.

8. Menuliskan Contekan di Dalam Pulpen

Cara keempat ini mungkin sudah mainstream banget tapi tetep efektif untuk menyelundupkan contekan ke dalam ruang ujian yaitu dengan memasukkannya ke dalam casing pulpen.





Cara yang paling sering dilakukan adalah menuliskan contekan dalam selembar kertas kecil kemudian digulung dan dimasukkan dalam pulpen. Biasanya pulpen yang digunakan memiliki casing warna padat bukan transparan agar resiko ketahuan bisa diminimalisir. dalam gambar tersebut si pencontek nampak pakai pulpen kasing transparan

Mencontek bukan saja menjadi permasalahan saat ini melainkan sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan di zaman ujian nasional yang sudah di hilangkan masih ada siswa yang tetap mencontek.


Bagaimana pun mencontek tidaklah baik ya, karena dengan mencontek kamu jadi ngga tahu deh seberapa kemampuan diri kamu. Selain itu mencontek juga jadi kebiasaan buruk ngga jujur. Orang bijak mengatakan bahwa mencontek adalah akar dari korupsi.

Anda mungkin menyukai postingan ini

1 komentar

  1. Unknown
    Informasi sangat bermanfaat banget, untuk pelajar seperti saya ini.
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>