-->

Fungsi, Tujuan, Manfaat Laporan Praktek Kerja Lapangan Atau Praktek Kerja Industri Bagi Siswa Dan Mahasiswa

Saya Akan membahas informasi tentang Fungsi, Tujuan, Manfaat Laporan Praktek Kerja Lapangan Atau Praktek Kerja Industri Bagi Siswa Dan mahasiswa.
Fungsi, Tujuan, Manfaat Laporan Praktek Kerja Lapangan Atau Praktek Kerja Industri Bagi Siswa Dan Mahasiswa

Seperti apa sih contoh bentuk dari laporan PKL itu? PKL ialah singkatan dari Praktik Kerja Lapangan atau Pelatihan Kerja Lapangan. PKL jadi salah satu wujud aktivitas pelibatan siswa ataupun mahasiswa pada lingkungan kerja langsung.



Menurut Wikipedia adalah : Pelatihan kerja lapangan, Praktik kerja lapangan, on-the-job training atau biasa disebut dengan PKL adalah salah satu bentuk kegiatan yang bertempat di lingkungan kerja langsung. PKL bisa dilakukan oleh murid SMA/SMK, mahasiswa maupun karyawan baru. Di tingkat mahasiswa, PKL merupakan implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu, dalam bahasa kemahasiswaan biasa disebut "magang" atau Intern.


Praktek Kerja Lapangan adalah salah satu wujud emplementasi secara sistematis serta sinkron antara program pembelajaran di sekolah dengan program kemampuan keahlian yang diperoleh melalui aktivitas kerja secara langsung didunia kerja buat menggapai tingkatan kemampuan tertentu.

Disamping dunia usaha, Praktek Kerja Lapangan( PKL) Bisa membagikan keuntungan pada penerapan itu sendiri ialah sekolah, sebab kemampuan yang tidak diajarkan di sekolahan biasa didapat didunia usaha, sehingga dengan terdapatnya Praktek Kerja Lapangan( PKL) bisa tingkatkan kualitas serta relevensi Pembelajaran Menengah Atas yang bisa ditunjukan buat meningkatkan sesuatu system yang mantap antara dunia pembelajaran serta dunia usaha.


Tujuan PKL pada biasanya merupakan mengimplementasikan secara sistematis serta sinkron antara program pembelajaran di sekolah serta program penguasaan kemampuan yang diperoleh lewat aktivitas kerja secara langsung di dunia kerja buat menggapai tingkatan kemampuan tertentu.

( Praktik Kerja Industri) memanglah wajib dimengerti terlebih dulu saat sebelum buatnya. Untuk yang belum ketahui, prakerin ialah aktivitas pelatihan, pembelajaran serta pendidikan yang dilaksanakan di dunia industri ataupun dunia usaha. Pasti saja yang yang cocok dengan kompetensi siswa di bidangnya.

Umumnya prakerin memerlukan waktu sampai berbulan- bulan. Tidak heran, banyak dari pelajar yang kerap kali mengeluh. Karena, mereka mesti bekerja tanpa digaji untuk bisa membuat laporan prakerin ini. Sayang, prakerin ini sangat berguna untuk melatih mental kalian sebelum masuk ke dunia kerja. Sebelum membuat laporan prakerin, terdapat baiknya kamu memahami tujuan pembuatan laporan prakerin dahulu.

Meskipun kegiatan tersebut hanya bersifatorientasi dan pengenalan, namun mempunyai fungsi yang penting sebagai kelangsungan kegiatan akademis dari mahasiswa ataupun siswa sekolah SMK.

Maka dari itu Saya Akan membahas sebuah informasi mengenai pembahasan tentang Fungsi, Tujuan, Manfaat Laporan Praktek Kerja Lapangan Atau Praktek Kerja Industri Bagi Siswa Dan mahasiswa yang harus anda pahami.

A. Tujuan Prakerin

Tujuan dari program ini adalah membantu siswa ataupun mahasiswa untuk memahami tentang dunia prakerin, membantu siswa dan mahasiswa agar cepat beradaptasi di lokasi prakerin, siswa dan mahasiswa agar mampu berkompetisi dan bekerja secara maksimal, membantu siswa – siswi dalam hal etika, tata tertib di lokasi prakerin, serta membantu siswa dan mahasiswa dalam mengenal variasi lokasi prakerin.


Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa tujuan sekolah mengadakan praktek kerja industri atau prakerin bagi siswa dan mahasiswa adalah:

1. Tujuan pembuatan laporan prakerin yang pertama merupakan diharapkan sanggup mengimplementasikan materi yang didapat di sekolah. Sehingga materi tersebut bisa diterapkan di area kerja dengan baik.

2. Tujuan pembuatan laporan prakerin yang kedua ialah sanggup melatih siswa dalam berbicara serta berhubungan secara handal di dunia kerja. Sehingga nantinya para siswa tidak canggung serta khawatir lagi buat berbicara secara handal.

3. Tujuan pembuatan laporan prakerin yang ketiga merupakan bisa meningkatkan serta menaikkan ilmu pengetahuan dasar yang dipunyai oleh para siswa. Tentu saja materi yang cocok dengan bidang yang mereka ambil.

4. Tujuan pembuatan laporan prakerin yang keempat ialah sanggup menjalakan kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia usaha ataupun dunia industri.


5. Tujuan pembuatan laporan prakerin yang kelima ialah sanggup membentuk pola pikir yang konstruktif untuk siswa ataupun mahasiswa prakerin. Diharapkan nantinya mereka bisa memandang kesempatan yang terbuka lebar di masa depan.

6. Tujuan pembuatan laporan prakerin yang keenam ialah bisa membentuk rasa etos kerja untuk para siswa ataupun mahasiswa prakerin. Supaya ke depannya para siswa sanggup jadi wujud lulusan yang bermutu.

7. Tujuan pembuatan laporan prakerin yang ketujuh merupakan sanggup menaikkan jenis keahlian yang dipunyai oleh para siswa ataupun mahasiswa. Supaya nantinya sanggup diimplementasikan serta dikembangkan dalam kehidupan sehari- hari

B. Manfaat bagi siswa ataupun mahasiswa

Pada dasarnya, program pendidikan ini bermanfaat untuk memperkenalkan siswa ataupun mahasiswa ke dunia pekerjaan, baik di perusahaan maupun industri. Harapannya, siswa ataupun mahasiswa tidak akan kaget saat benar-benar telah memasuki dunia kerja. Selain itu, masih ada beberapa manfaat lainnya yang meliputi:

1. Menciptakan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan handal, dengan keahlian, pengetahuan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan zaman.

2. Mengasah keahlian yang di bagikan sekolah menengah kejuruan ( Sekolah Menengah Kejuruan(SMK).

3. Menaikkan keahlian, pengetahuan, gagasan– gagasan seputar dunia usaha dan industri yang professional serta profesional.

4. Membentuk pola pikir siswa- siswi supaya terkonstruktif baik dan membagikan pengalaman dalam dunia Industri ataupun dunia kerja.


5. Menjalakan kerja sama yang baik antara sekolah serta industri terpaut, baik dalam dunia usaha ataupun dunia Industri.

6. Mengenalkan siswa dan mahasiswa pada pekerjaan lapangan di dunia industri serta usaha sehingga pada saatnya mereka terjun ke lapangan

7. pekerjaan yang sebetulnya bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dunia kerja.

8. Tingkatkan efisiensi waktu serta tenaga dalam mendidik serta melatih tenaga kerja yang bermutu.

9. Selaku wujud pengakuan serta penghargaan kalau pengalaman kerja selaku bagian dari proses pembelajaran.

10. Mengasah keterampilan yang diberikan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

11. Membentuk pola pikir para siswa untuk lebih terkonstruktif dengan baik. Mampu memberikan pengalaman dalam dunia kerja ataupun dunia industri.

12. Mengenalkan para siswa pada pekerjaan lapangan di dunia industri serta dunia usaha. Sehingga pada saatnya mereka mampu beradaptasi dengan cepat di lapangan pekerjaan yang sesungguhnya.

13. Sebagai bentuk pengakuan serta penghargaan jika pengalaman kerja merupakan bagian dari proses pendidikan.

14. Memberikan keuntungan pada pihak sekolah serta mahasiswa itu sendiri. Terutama pada keahlian yang tidak sempat dipelajari di sekolah nantinya bisa mereka dapatkan di dunia usaha atau dunia industri.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>